Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

BAGAIMANA CARA MEMAHAMI LAPORAN NERACA DAN RUGI LABA

Leave a comment

Sobat wirausaha…

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mempersiapkan usaha yang sedang kita jalani untuk mampu bersaing tergantung pada keberhasilan kita dalam mengelola keuangan usaha. Dimana, dalam mengelola keuangan ini, kita mampu mengetahui sejauh mana perputaran uang di dalam usaha kita apakah berjalan sehat dan tidak timbul masalah.

Laporan neraca merupakan laporan yang dapat menggambarkan posisi keuangan perusahaan saat ini. Sedangkan laporan rugi laba merupakan salah satu bentuk dari laporan keuangan yang menggambarkan keuntungan-keuntungan serta beban-beban suatu perusahaan dalam masa periode tertentu.

Lalu, bagaimanakah cara membaca laporan neraca dan rugi laba, agar dapat difahami oleh pembuat maupun pembaca laporan tersebut?. Berikut langkah-langkah dalam membaca laporan neraca dan rugi laba usaha kita yang simple dan mudah. Mimin akan memberikan contoh laporan neraca dan rugi laba untuk jenis usaha swalayan, hasilnya setelah dilakukan beberapa transaksi, akan muncul laporan sebagai berikut :

Neraca

A. Kas
Kas merupakan alat pembayaran yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan. Yang termasuk dalam kas, yaitu uang tunai (kas dan kas kecil), uang yang disimpan di bank (bank), dan cheuqe (BG).

B. Piutang
Piutang adalah simpanan uang yang didapatkan dari penjualan tetapi belum diterima uang tersebut. Nominal piutang harus berada disisi debet.

C. Persediaan
Persediaan adalah barang yang disimpan yang siap untuk dijual ke konsumen. Persediaan dapat disesuaikan dengan usaha masing-masing. Pada contoh diatas merupakan usaha swalayan maka persediaannya sesuai dengan yang dijual. Untuk mengelola persediaan barang dapat menggunakan 2 metode, yaitu metode physical dan metode perpetual. Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat METODE PENCATATAN PERSEDIAAN YANG COCOK UNTUK BISNIS ANDA : Physical or Perpetual ?

D. Hutang
Hutang adalah kewajiban yang harus dibayar oleh suatu perusahaan ke pihak ketiga. Hutang merupakan kebalikan dari piutang, kalau piutang nominalnya harus berada disisi debet sedangkan untuk hutang berada disisi kredit.

E. Modal
Modal merupakan salah satu hal vital dalam sebuah perusahaan. Modal sendiri dapat diartikan sebagai pinjaman jangka panjang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk memenuhi biaya operasional perusahaan.

F. Laba
Laba adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam melakukan bisnis. Laba dapat diartikan selisih antara pendapatan dengan penjualan dan biaya. Pada contoh gambar di atas, nominal laba tahun berjalan berada disisi kredit maka perusahaan Swalayan Maju tersebut mengalami keuntungan atau laba. Apabila nominal laba tahun berjalan berada disisi debet maka perusahaan tersebut mengalami kerugian.

G. Debet Kredit Neraca
Nominal debet kredit neraca harus sama, maka laporan neracanya balance.

Rugi Laba

A. Pendapatan
Pendapatan dapat diperoleh dari penjualan. Dapat diartikan jumlah uang yang diperoleh atau diterima oleh perusahaan yang disebabkan oleh suatu aktivitas, pada umumnya akibat kegiatan penjualan baik produk ataupun jasa.

B. HPP
HPP kependekan dari Harga Pokok Penjualan. HPP sendiri elemen pokok dari laporan rugi laba suatu perusahaan. Untuk menghitung HPP dapat menggunakan beberapa metode. Lebih mudahnya dalam menghitung HPP dapat dilihat Beginilah cara mudah dan sederhana Menghitung HPP barang Anda.

C. Biaya
Biaya adalah kas yang dikeluarkan untuk barang atau jasa yang diharapkan memberikan manfaat pada saat ini atau dimasa mendatang bagi perusahaan. Biaya bisa berupa barang maupun jasa, contohnya biaya listrik, PDAM, service mobil, ongkos kirim, konsumsi, dan lain-lain.

D. Laba
Laba sama dengan penjelasan laba dilaporan neraca. Nominal laba dilaporan rugi laba harus sama dengan nominal dilaporan neraca. Pada umumnya ada tiga komponen dalam penyusunan laporan rugi laba, yaitu Pendapatan, HPP (Harga Pokok Penjualan), dan Biaya. Perhitungannya adalah :

Laba bulan ini = Pendapatan – HPP – Biaya

Demikian penjelasan cara membaca dan memahami laporan neraca dan rugi labanya, mudahkan? Silahkan download juga sistem ARMADILLO ACCOUNTING, yang bisa digunakan untuk usaha anda. Untuk informasi lebih jelas, lengkap dan pertanyaan-pertanyaan seputar usaha anda, silahkan hubungi kami. Kami siap membantu Anda mengembangkan bisnis anda :-).

Selamat mencoba. Salam sukses. [wed]
 

 

Dewi M. ~ [wed]
Blog and News Division
CV. Radian Multi Prima
Pandanwangi Royal Park II – F55,
Malang – Jawa Timur – Indonesia

 

Advertisements

Author: iwedweb

“Jangan menunggu; tidak akan pernah ada waktu yang tepat. Mulailah di mana pun Anda berada, dan bekerja dengan alat apa pun yang Anda miliki. Peralatan yang lebih baik akan ditemukan ketika Anda melangkah.” – Napoleon Hill

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s