Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

METODE PENCATATAN PERSEDIAAN YANG COCOK UNTUK BISNIS ANDA : Physical or Perpetual ?

1 Comment

Holaaaa sobat wirausaha, pengusana sukses masa kini, masa depan dan seterusnya πŸ™‚

Jumpa lagi sama mimin πŸ˜€ . di kesempatan kali ini, mimin ingin mengajak sobat wirausaha untuk belajar mengenai metode untuk persediaan yang fenomenal yang akan kita kupas secara tajam (heheheh).

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam perusahaan dagang ataupun perusahaan yang sedang menjalankan suatu bisnis tertentu adalah tertibnya administrasi. Administrasi yang dimaksud disini adalah suatu aktivitas untuk selalu melakukan kontrol persediaan. Meskipun melakukan kontrol persediaan ini bukan jadi hal utama dalam melakukan transaksi. Namun, kontrol persediaan inilah yang biasanya selalu menjadi benang merah dalam setiap bisinis yang sedang kita jalankan saat ini. Nah, dari sisi akuntansi pun pastinya kontrol barang inilah yang membuat para akuntan pusing. Karena harus melakukan pembukuan mulai dari transaksi beli, persediaan, dan penjualan barang.

Oke sobat, sepenting apa sih sebenarnya pencatatan transaksi itu? Jawabannya penting sekali pencatatan transaksi ke dalam pencatatan pembukuan yang aktual, rapi, mudah dimengerti dan sistematis sehingga para investor dengan percaya diri dapat menanamkan sejumlah dana yang bisa membuat bisnis itu sendiri berkembang.

Dari sekian macam pekerjaan yang harus dilakukan akuntan mulai transaksi penjualan barang, pembelian barang, pembiayaan dan diskon serta perpajakan (wuuyyy,,, banyak sekali ya, heheh πŸ™‚ ). Namun, ditulisan ini kita akan lebih mendalami tentang mengelola persediaan barang yang baik. Karena tanpa adanya persedian, apalah yang dapat kita tawarkan πŸ™‚ (betul tidak jamaah πŸ˜€ πŸ˜€ ).

Sebelum kita melangkah lebih jauh (bukan melangkah menjauhimu ya πŸ˜€ πŸ˜€ ). Pertama, kita ta’arufan terlebih dahulu dengan metode untuk persediaan barang. Yes sobat, di kalangan pelaku akuntansi untuk mengelola persediaan barang telah diketahui terdapat 2 cara atau metode yaitu dengan:
1. Metode Periodic
Periodic inventory system
Menurut Kieso, Weygandt, & Warfield (2007;404), β€œThe quantity of inventory in the hands of determined, as implied by its name, periodically. All purchase of inventory during the by debiting the account purchase accounting period are recorded.”

Metode periodic ini bisa disebut juga metode fisik (physical system), metode ini tidak mencatat barang masuk maupun keluar pada saat itu juga, melainkan mengambil angka keluar masuknya barang melalui penjualan yang dilakukan setiap bulan atau setiap tahun sekali. Biasanya memang metode ini dilakukan untuk persediaan yang harganya murah dan fast moving. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri yakni:

1. Kekurangan : Pencatatan penjualan dan pembelian yang terpisah sehingga kita tidak bisa mengetahui stok sewaktu-waktu (tidak real-time).

2. Kelebihan : Untuk perusahaan yang memiliki barang fast moving atau murah biasanya lebih memilih untuk menggunakan metode ini, alasannya alokasi waktu dan tenaga yang lebih efektif dan efisien. Tidak membutuhkan waktu yang lama hanya untuk melakukan pencatatan atas persediaan.

Karena dalam metode ini stok tidak dihitung secara real time, maka perhitungan hpp dapat diilustrasikan sebagai berikut :

HPP : (Persediaan Awal + Pembelian Barang) – (Penjualan Barang)
Contoh persediaan awal tahun adalah 100,000.- pembelian bersih di tahun itu adalah 150,000.- dan penjualan barang adalah 200,000.- sehingga,
HPP : (100,000 + 150,000) – 200,000 = 50,000
HPP barang tersebut adalah 50,000.-

2. Metode Perpetual
Perpetual system
Metode perpetual memiliki ciri khas sendiri yaitu pada perhitungan persediaan barang metode ini selalu mencatat barang yang masuk maupun yang keluar. Tidak hanya mencatat loh sobat wirausaha metode ini juga langsung diakui atau diketahui jumlah HPP ketika barang itu keluar (yeeeyy, amazing ya πŸ™‚ ). Beda dengan metode sebelumnya yang mencatat HPP pada akhir dari perhitungan global.

Biasanya yang menggunakan metode ini adalah jenis usaha yang memiliki barang slow moving namun harganya mahal. Meskipun demikian, metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan juga.

1. kelebihan dari metode ini adalah kita bisa langsung mengetahui jumlah persediaan kita kapanpun.
2. kelemahan metode ini menghabiskan waktu dan tenaga yang banyak. Selain itu harus memiliki buku besar pembantu tersendiri terutama untuk jenis usaha yang memiliki persediaan banyak, fast moving dengan harga terjangkau (murah).

Memang dalam setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Dan, dari kekurangan tersebut mimin ingin mengajak sobat wirausaha belajar bersama mengenai cara untuk melakukan yang terbaik dalam kontrol persediaan. Disini mimin sedikit menganalisis program akuntansi. Jadi pada program ini sebenarnya menggunakan metode perpetual, meskipun menggunakan metode perpetual, dengan program akuntansi ini akan lebih memudahkan kita melakukan cek barang tanpa ribet karena terlalu banyak yang harus dikerjakan.

Nah, kemudahan dalam program ini adalah ketika kita melakukan transaksi, tidak perlu lagi melakukan penghitungan ke rekening buku pembantu barang maupun perhitungan HPP, karena semuanya sudah otomatis loh sobat (pengertian sekali loh si doi ini πŸ˜€ ). Kesimpulannya, kita tidak akan, tidak mungkin dan mustahil πŸ˜€ πŸ™‚ direpotkan dengan pencatatan yang harus sewaktu-waktu. karena si doi (sistem pada program maksudnya, hehe) akan membantu untuk menyusunkan laporan (ih gemes ya, adaa program sebaik ini πŸ˜€ πŸ™‚ ).

Eh-eh bentar, kayak gimana sih asoy nya ini program. Okelah okelah, dalam program ini, setelah kita melakukan transaksi penjualan (ini tampilannya ) :

terhadap persediaan kita, maka secara otomatis kita akan mendapatkan laporan sebagai berikut :

Nah kan, kita langsung tahu lo persediaan awal barang kita 0, kemudian kita melakukan belanja atau bahasa jawanya β€œkulakan” sebanyak 57. Dan di hari yang sama, ada penjualan sebanyak 15. Sehingga, sisa barang yang ada dalam stock sebanyak 42. Hmmm….ini ni yang asoy-asoy :-D. langsung ketahuan kan transaksi yang terjadi terhadap persediaan barang kita.

Well, kemudian HPP nya bagaimana ? tadi diawal sempat disinggung HPP tuh?. Okay-okay. Menyangkut HPP (ceilee…serius amat πŸ˜€ ), dalam program ini setiap kita melakukan transaksi pembelian, secara otomatis akan menghitung HPP dan setiap kita melakukan transaksi penjualan, maka secara otomatis akan membukukan HPP. Inilah, yang dinamakan kemudahan dari Tuhan πŸ™‚ , anti ribet, ati ruwet dan anti lama. Heheheh

Eitz, tidak berhenti disini loh sobat. Mengenai HPP kita bisa lihat dari laporan rugi laba :-). Bagaimanakah langkahnya, akan mimin tulis di curhatan berikutnya ya πŸ™‚ . Kalo bahasa kerennya kayak di radio β€œstay turn we’ll be back soon” πŸ™‚ πŸ˜€ .

Okay sobat wirausaha, demikian penjelasan mengenai metode periodic dan perpetual yang dapat kita permudah dengan menggunakan aplikasi atau program yang sesuai, untuk lebih jelas mengenai akuntansi serta ulasan tentang usaha dan bisnis anda, silahkan baca postingan-postingan kami yang lainnya. untuk informasi lebih jelas, lengkap dan pertanyaan-pertanyaan seputar usaha anda, silahkan hubungi kami. kami siap membantu mengembangkan bisnis anda πŸ™‚

Silahkan download juga sistem ARMADILLO ACCOUNTING, yang bisa digunakan untuk usaha anda.
Selamat mencoba sobat wirausaha. Sukses selalu πŸ™‚ .

Advertisements

Author: ekaestakeum

Trying hard to reach a stars. everyone has a different dreams and goals. it depend on them how to make the dream comes true. For me, dream is not just dreaming, but i have to find out the way to make my dreams real. Make dream comes true is not the simple things. We have to put so much effort for that and don't stop to believe in God and dreams. Keep Spirit and Shining !! :-):-D

One thought on “METODE PENCATATAN PERSEDIAAN YANG COCOK UNTUK BISNIS ANDA : Physical or Perpetual ?

  1. Pingback: BAGAIMANA CARA MEMAHAMI LAPORAN NERACA DAN RUGI LABA | Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s