Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Mudah Menyusun Biaya Gaji Karyawan pada Laporan Rugi Laba

Leave a comment

 

Dalam perjalanan usaha suatu perusahaan, transaksi keuangan adalah hal vital yang harus dikelola dengan sangat baik. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pencatatan transaksi keuangan dalam suatu perusahaan dengan pembukuannya, dimasukkan ke dalam jurnal transaksi. Pencatatan transaksi ke dalam jurnal dapat dilakukan secara lebih khusus seperti diantaranya pencatatan ke dalam jurnal kas masuk maupun kas keluar. Ada berbagai macam jurnal khusus. Namun, dalam tulisan ini hanya akan dibahas mengenai dua macam jurnal khusus, yaitu mengenai jurnal kas masuk dan jurnal kas keluar.

Mengenai pencatatan transakasi ke dalam jurnal kas masuk telah kita pelajari bersama sebelumnya. By the next, kita akan bersama-sama mempelajarai bagaimana memasukkan transaksi ke dalam kas keluar, khususnya untuk pembiayaan gaji karyawan dan jurnal yang timbul.

Oke sahabat wirausaha, untuk lebih praktisnya, kita akan belajar bersama mengenai tips-tips mujarab (tapi bukan obat tradisional ya? 😀 :-D) atau langkah-langkah untuk mencatat transaksi kas keluar ke dalam jurnal secara lebih mudah dan sederhana dengan hasil yang lebih cepat serta akurasi yang lebih ehm (hehehehe) adalah sebagai berikut :
Pertama, masuk dulu ya ke software akuntansi nya

Sudah masuk? Langkah berkutnya klik menu transaksi kas bank. Kemudian, akan muncul tampilan berikut

     Cakep ya tampilannya, sederhana dan tidak php (eh :-D). Kemudian, pada kolom jenis transaksi silahkan isi “transaksi kas” dan pilih “kas keluar“ pada kolom tipe transaksi. Jangan lupa isi kolom keterangan dengan transaksi yang akan dicatat “(Biaya gaji)” dan untuk kolom referensi silahkan diisi jika ada, jika tidak isi dengan (-). Setelah itu enter 2 kali maka akan muncul daftar perkiraan seperti berikut :

     Program ini sudah menyediakan perkiraan-perkiraan yang nantinya dapat disesuaikan dengan transaksi yang akan kita lakukan lo sobat. Nah, untuk pembayaran gaji karyawan, kita pilih Biaya Gaji pada perkiraan diatas. Klik kemudian pilih. Atau bisa dengan menggunakan cara yang cepat. Sobat wirausaha bisa langsung menyisipkan “Gaji” pada kolom “Tulis yang dicari”, maka akan keluar Gaji pada perkiraan, sehingga sobat tidak perlu lagi mencari satu persatu perkiraan yang sesuai dengan transaksi

     Kemudian, setelah kita pilih perkiraan yang sesuai dengan transaksi biaya gaji, klik tombol pilih, dan akan muncul tampilan sebagai berikut

     Secara otomatis, akan muncul nomor perkiraan dan nama perkiraan. Setelah itu, silahkan masukkan nominal yang akan ditransaksikan (dalam contoh sebesar Rp. 1.500.000). Lalu, pilih simpan, dan data anda telah tersimpan.

     Pasti akan muncul pertanyaan sobat wirausaha, bagaimanakah transaksi tersebut dalam jurnal ? mudah sekali. Sekarang anda klik tombol keluar, dan anda akan kembali pada tampilan awal aplikasi seperti ini

     Kemudian, pilih menu jurnal (yang gambar buku ya 🙂 ). Maka, akan muncul tampilan jurnal atas kas keluar dalam perkiraan gaji karyawan, sebagai berikut :

Jeng…jeng…jeng….beginilah tampilan transaksi kas keluar gaji karyawan dalam jurnal. Simple kan? selamat, kita berhasil membuat jurnal pengeluaran untuk gaji karyawan (yeayy).
Nah, tidak hanya itu ( ini keajaiban ya Tuhan 😀 😀 ), setelah mengetahui tampilan jurnal atas biaya gaji, kita langsung dapat mengetahui laporan rugi laba usaha kita secara real-time juga lho (hmmmm, tapi ini bukan magic ya 😀 :-D) Seperti contoh berikut 🙂

 

Simple dan mudah sekali bukan? Menggunakan komputerisasi akan lebih memudahkan kita dalam banyak sisi loh. Diantaranya :

1. sudah ada daftar perkiraannya, sehingga akan lebih mudah untuk mengklasifikasikan transaksi yang akan dijurnalkan. Kita tidak perlu repot-repot membuat perkiraan yang sesuai dengan transaksi kita, tinggal menyesuaikan dengan perkiraan yang sudah disediakan (mantab kan?) :-). Saat Sekarang, tidak akan butuh waktu banyak untuk mencatat transaksi-transaksi dalam usaha anda.

2. Saat kita melakukan transaksi, maka secara otomatis akan muncul juga pada laporan rugi laba juga (uhuy :-)). Kita tidak perlu repot membuat laopran rugi laba lagi, menghemat waktu kaan? (tenaga dan fikiran juga bisa kita hemat loh. Hehehhe).

     Demikian penjelasan mengenai penyusunan gaji karyawan pada laporan rugi laba, untuk lebih jelas mengenai akuntansi serta ulasan tentang usaha dan bisnis anda, silahkan baca postingan-postingan kami yang lainnya. untuk informasi lebih jelas, lengkap dan pertanyaan-pertanyaan seputar usaha anda, silahkan hubungi kami. kami siap membantu mengembangkan bisnis anda 🙂

     Silahkan download juga sistem ARMADILLO ACCOUNTING, yang bisa digunakan untuk usaha anda.
Selamat mencoba sobat wirausaha. Sukses selalu :-).

Advertisements

Author: ekaestakeum

Trying hard to reach a stars. everyone has a different dreams and goals. it depend on them how to make the dream comes true. For me, dream is not just dreaming, but i have to find out the way to make my dreams real. Make dream comes true is not the simple things. We have to put so much effort for that and don't stop to believe in God and dreams. Keep Spirit and Shining !! :-):-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s