Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

APA YANG HARUS DILAKUKAN PERTAMA KALI UNTUK MENJALANKAN USAHA MINIMARKET? Membuat Data Baru

Leave a comment

Pada saat ini, penggunaan komputer sudah menjadi kebutuhan yang dapat dikatakan sangat penting dalam setiap aspek kepentingan manusia. Khususnya dalam hal bisnis untuk pengembangan dan kemajuan positif suatu usaha. Oleh sebab itu, komputerisasi dalam suatu usaha atau bisnis menjadi hal yang banyak orang lakukan sebagai alternative yang dianggap paling baik dan cocok untuk membantu mewujudkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien.

Bagi pelaku usaha atau pelaku bisnis, komputerisasi yang dimaksud adalah mulai mengelola data-data usaha mereka dalam suatu program atau aplikasi komputer yang disesuaikan dengan kebutuhan usahanya. Dengan demikian, maka data-data tersebut akan menjadi sebuah database yang akan dikelola secara berkelanjutan untuk efektivitas dan efisiensi pekerjaan.

Dalam pencatatan database sangat diperlukan kerapian dan kejelasan klasifikasi data agar dapat dikelola dengan baik dan tidak tercampur dengan data-data lain yang tidak seharusnya masuk dalam klasifikasi data tertentu.

Hal ini, umumnya dianggap sangat ribet karena membutuhkan beberapa buku besar untuk mencatat data secara terpisah sesuai dengan pengklasifikasiannya. Juga, membutuhkan kompetensi tertentu untuk mengelolanya. Sedangkan, saat ini cukup banyak aplikasi-aplikasi (Software komputer) yang dapat membantu pekerjaan anda lebih mudah dan lebih cepat terselesaikan.

Berikut langkah-langkah membuat data baru untuk komputerisasi database  yang simple, mudah dan menariknya menggunakan Bahasa Indonesia sehingga pengguna dapat dengan mudah mengoperasikannya (supported by armadillo accounting). Dalam hal ini siapapun mulai dapat melakukan komputerisasi terhadap data-data usahanya tanpa kompetensi tertentu untuk mengelolanya.

  • MEMBUAT DATABASE BARU

Armadillo accounting menyediakan sebuah database kosong yang bisa digunakan untuk membuat sebuah data perusahaan baru, kelebihan dari aplikasi ini adalah sudah terdapat daftar perkiraan standart yang bisa anda ubah/edit untuk disesuaikan dengan perkiraan yang terdapat dalam usaha anda.

Langkah-langkahnya:

  1. Klik menu (pojok kiri atas) kemudian pilih “file data”, kemudian pilih “membuat data baru” pilih “ya”
  1. langkah ini adalah untuk menentukan jenis usaha yang sedang kita jalankan saat ini. kita pilih usaha SWALAYAN/MINIMARKET/KELONTONG untuk bisa lanjut ke langkah berikutnya.

 

Nah, setelah kita tekan tombol pilih, akan muncul tampilan seperti berikut :

Secara otomatis  jenis usaha dan kodenya sudah terdata dalam kolom jenis usaha. O iya sobat, untuk file data, kita dapat mengisikan nama file sesuai dengan keinginan kita juga (Yeeaayyyy !!)

Hal penting yang perlu kita perhatikan adalah sebelum menyimpan data yang baru saja kita buat, kita dapat terlebih dahulu menentukan lokasi penyimpanan untuk datanya. Disarankan untuk menyimpan selain drive c: untuk melindungi data dari kerusakan sistem komputer. Setelah  selesai mengisikan nama usaha, jenis usaha dan lokasi penyimpanan, lalu klik tombol “simpan”.

3. Kemudian, setelah selesai menyimpan data yang baru saja kita buat, maka sistem akan secara otomatis memandu kita untuk mulai melakukan pengisian data awal satu per satu. kita harus memasukkan minimal satu data untuk tiap setup tersebut. Agar  program ini dapat digunakan dengan baik. Namun, kita dapat melewati setup ini dan melanjutkannya kembali nanti setelah kita mulai menjalankan sistem.

  • MENGUBAH NAMA PERUSAHAAN

Dalam fitur ini, Sahabat wirausaha juga dapat merubah nama perusahaan yang sebelumnya sudah diinput ke program dan tersimpan, dan juga sekaligus yang ada dalam header setiap laporan.

Langkahnya sebagai berikut :

Setelah itu, kita dapat merubah nama perusahaan yang lama dengan nama baru, dan klik simpan

Disamping fitur-fitur yang keren diatas, anda ternyata tidak perlu repot-repot membuat perkiraan pada akun laporan anda, karena program ini, secara otomatis (default) sudah menyediakan perkiraan setelah anda menentukan jenis usaha yang sedang anda jalankan dan menyimpannya. Namun, meskipun telah tersedia (default),  akun perkiraan diatas tetap bisa ditambah dan dihapus jika tidak pernah digunakan tentunya atau disesuaikan dengan kebutuhan kita ya Sobat. Berikut contoh laporan Rugi/Laba dan Neraca dari akun default kita

A. CONTOH LAPORAN NERACA

B. CONTOH LAPORAN LABA RUGI

 

Nah, mudahkan ? sekarang saatnya membuat data-data usaha anda lebih aman, efektif, dan efisien dengan komputerisasi.

Demikian penjelasan mengenai pembuatan database, untuk lebih jelas mengenai akuntansi serta ulasan tentang usaha dan bisnis minimarket anda, silahkan baca postingan-postingan kami yang lainnya. untuk informasi lebih jelas, lengkap dan pertanyaan-pertanyaan seputar usaha minimarket anda, silahkan hubungi kami. kami siap membantu untuk mengembangkan bisnis anda 🙂

Silahkan download juga sistem ARMADILLO ACCOUNTING, yang bisa digunakan untuk usaha minimarket anda.

Salam sukses,

Advertisements

Author: ekaestakeum

Trying hard to reach a stars. everyone has a different dreams and goals. it depend on them how to make the dream comes true. For me, dream is not just dreaming, but i have to find out the way to make my dreams real. Make dream comes true is not the simple things. We have to put so much effort for that and don't stop to believe in God and dreams. Keep Spirit and Shining !! :-):-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s