Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Inilah Rahasia Pengelolaan Minimarket “ala” Indomaret .

Leave a comment

warehouse-pic

Jaffar - Operational And Support Manager

Jaffar – Operational And Support Manager

Repot dengan pendataan barang di gudang minimarket yang semakin menumpuk? Bagaimana mencatat keluar masuknya barang di gudang? Apalagi jika anda memiliki banyak minimarket, pendataannya serta controlling nya akan jauh lebih repot.

Sebelumnya saya ilustrasikan dulu beberapa tipe atau level dari minimarket:

1. minimarket level 1

minimarket level 1

2. minimarket level 2

minimarket level 2

3. minimarket level 3

minimarket level 3

Saat minimarket anda berada pada level 3, Salah satu solusi untuk mengatasi kerumitan alur transaksi adalah “SENTRALISASI GUDANG”. Apakah itu? Yaitu mengfungsikan gudang pusat sebagai pusat koordinasi dari sebagian besar aktivitas usaha anda, kecuali penjualan ke customer yang dilayani di etalase minimarket.


“bisa dibayangkan rumitnya jika INDOMARET yang outlet/etalasenya menjamur dimana-mana tidak melakukan sentralisasi gudang !!!”


Dengan sentralisasi gudang, semua kegiatan akan lebih mudah terkontrol karena berada dalam satu atap. Alur dari system sentralisasi gudang bisa digambarkan pada gambar dibawah ini:

 minimarket modern

OK, kita ulas detail dari alur modern minimarket diatas:


1. Pembelian barang langsung dari pabrik/industry

Gudang pusat melakukan order barang dari pabrik, perajin atau produsen barang. Dan barang langsung dikirim tanpa perantara sales. Biasanya dilakukan untuk pembelian dengan quantity yang besar.


2. Pembelian barang dari sales

Gudang pusat melakukan order barang dari sales. Biasanya dilakukan untuk pembelian barang dengan quantity kecil.


3. Gudang pusat merupakan kendali utama dari sebagian besar operasional usaha, antara lain:

  • order barang,
  • transaksi pembelian barang,
  • pembayaran hutang ke pemasok.
  • pengiriman barang ke gudang minimarket,
  • control and inventory stock.

Bahkan gudang pusat bisa difungsikan sebagai pusat penentu harga jual.


4. pengiriman barang ke gudang minimarket menggunakan transaksi multigudang.

Cara menjalankan transaksi multigudang di system adalah seperti ini:

Di gudang pusat: Melakukan transfer dari Gudang pusat ke Gudang Minimarket

 Adapun Cara melakukan transfer adalah sebagai berikut:

  •  Masuk ke modul transaksi penjualan

transaksi multigudang 1

  • Centang pengiriman ke gudang lain (ke gudang minimarket)
  • Pilih tanggal transaksi dan nama pelanggan (misal: minimarket 1) , setelah itu isi keterangan tambahan mengenai transaksi tersebut pada kolom keterangan (misal: kirim barang 00245), jika tidak, isi dengan karakter “ – “
  • Isi barang-barang yang akan dikirim ke gudang minimarket, setelah itu simpan
  • Jika anda sudah melakukan transaksi dengan benar, maka jurnal yang dihasilkan sebagai berikut :

D/Piutang minimarket 1               Rp.  812.042,60

K/Pendapatan                                                         Rp. 812.042,60

D/ HPP                                               Rp.   812.042,60

K/ Persediaan Barang                                            Rp.   812.042,60


Di gudang minimarket, Menerima barang dari gudang pusat

Setelah barang dikirimdari gudang utama ke gudang pembantu, selanjutnya gudang pembantu mencatat penerimaan barang tersebut. Gunakan modul pembelian untuk mencatat penerimaan tersebut. Adapun Cara melakukan penerimaan barang dari gudang pertama adalah sebagai berikut:

  • Pada menu utama pilih ikon pembelian, atau
  • Pada menu pilih Operasional – Pembelian – Transaksi Pembelian
  • Tampilan form pembelian akan muncul sebagai berikut :

transaksi multigudang 2

  • Klik “ AMBIL DARI GUDANG LAIN “ untuk mengambil transaksi Multi Gudang yang dibuat di Gudang Pusat tadi.
  • Akan ditampilkan semua transaksi pengiriman ke gudang lain, pilih yang sesuai, otomatis data barang di pembelian akan terisi sesuai barang yang ditransfer oleh gudang pusat:

transaksi multigudang 3

  • Setelah itu simpan transaksi

Jika anda sudah melakukan transaksi dengan benar, maka jurnal yang dihasilkan sebagai berikut :

 D/Persediaan                                    Rp.   812.042,60

K/Hutang Gudang Pusat                                  Rp.   812.042,60


5. Pemindahan barang dari gudang ke etalase.

Setelah barang datang dari gudang pusat, diterima dan dicatat di gudang minimarket menggunakan transaksi multigudang yang sudah dijelaskan diatas. Setelah itu, barang yang ada digudang bisa didisplay di etalase agar bisa dijual ke customer. Untuk pemindahan ke etalase bisa langsung di display semua, atau bisa sebagian. Manager minimarket yang mengatur hal ini.


6. Penjualan ke customer.

Kasir yang melakukan penjualan ke customer menggunakan fitur transaksi penjualan.


Demikian sekilas penjelasan mengenai alur operasional menggunakan system sentralisasi gudang. Semoga bermanfaat bagi usaha anda. Jika ada hal yang ditanyakan bisa langsung menghubungi kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s