Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Cara Pembagian Tugas Dan Kewenangan Pada Minimarket Secara Proporsional

2 Comments

awards

Alan - Customer Support

Alan – Customer Support

Kali ini saya ingin berbagi pada Anda mengenai

bagaimana membagi peran dan tugas dalam mengelola minimarket atau swalayan, terutama pada bagian pembelian, pembukuan, penjualan, kasir, hingga  tugas manajer dalam mengelola minimarket.

Management yang akan saya sampaikan bisa juga di terapkan pada usaha toko yang memiliki banyak karyawan.

Tidak selalu yang saya sampaikan  harus menjadi stadart bagian yang harus ada pada sebuah minimarket. Ada atau tidaknya sebuah bagian, tergantung pada besar kecilnya sebuah usaha, akan tetapi Bagian-bagian ini sebaiknya memang harus ada di sebuah usaha minimarket.

Secara garis besar pembagian tugas di bagi menjadi 2 bagian yaitu di bagian Front Office dan satunya lagi adalah di bagian Back Office. Sekarang mari kita bahas satu persatu bagian –bagian tersebut, kita mulai dari:

Front Office

Bagian-bagian yang ada di Front Office:

  • Kasir

  1. Mentransaksikan Penjualan di Armadillo Cashier
  2. Serah terima Kas Laci dari Shift sebelumnya
  3. Mencetak Laporan Penjualan akhir shift
  4. Menyetorkan Uang Penjualan di Laci kasir ke Pembukuan Kasir Besar bersamaan dengan Cetakan Laporan Penjualan
  • Etalase Arrangement

  1. Menyapa pelanggan masuk (Greeting)
  2. Menempelkan Label Gondola ke Rak
  3. Meminta Barang ke Gudang dengan Bantuan
  4. Memastikan Posisi Barang pada Rak Sesuai
  5. Memasukkan Barang ke Tas Plastik (covering)
  6. Mengecek Expired Barang yang ada di etalase
  7. Memindahkan Barang ke Rak Lain (atas perintah manager)
  • Miscellaneous

  1. Menyapa pelanggan masuk (Greeting)
  2. Menata Barang Datang (setelah Pembelian) ke Gudang
  3. Menjaga kebersihan Rak dan Barang
  4. Menawarkan Keranjang ke Pelanggan
  5. Memasukkan Barang ke Tas Plastik (covering) saat penjualan
  6. Membantu Manager Kulakan

Semua bagian ini mengatur bagaimana kita melayani pelanggan mulai dari memilih barang belanja sampai dengan mereka membayar dan pergi.

Dengan memperhatikan bagian-bagian yang ada pada usaha kita dan dipadukan dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang baik, maka layanan terbaik bisa dilakukan. Sedangakan untuk komputerisasi di bagian Front Office, anda bisa menggunakan softwarre Armadillo Chasier yang bisa Anda download disini:

cashier_mini_market

DOWNLOAD

Selanjutnya adalah bagian Back Office, bagian dari Back Office antara lain:

Back Office

Bagian-bagian yang ada di Back Office:

  • Manager

  1. Mengatur Jadwal Kerja Tiap Bulan (40 jam seminggu)
  2. Memantau Proses Jual Beli Swalayan
  3. Membuat Target Penjualan di Awal Tahun
  4. Memberi Harga Jual OPTIMAL dengan Bantuan Laporan Perbandingan Harga dan Best-Buy (khusus beberapa barang yang dibandingkan dan barang demonstrasi)
  5. Membuat Order Pembelian (barang fast-moving dengan laporan Best-Buy dan Laporan Stok Minimum)
  6. Membeli Barang di Luar Sales (Kulakan)
  7. Memastikan Kerapihan dan Kebersihan Barang
  • Pembelian / Gudang

  1. Memasukkan Transaksi Pembelian Barang sekaligus tanggal jatuh temponya
  2. Mengecek Barang Datang (Receiving) sesuai dengan Nota Pembelian
  3. Melakukan Penyesuaian Barang sebelum Retur Potong Hutang jika ditemui perbedaan jumlah (selisih barang)
  4. Mentransaksikan Retur ke Supplier
  5. Menyesuaiakan Harga Jual dengan Harga Beli (cek HPP) jika ada kenaikan/penurunan harga
  6. Mencetak Label Gondola
  • Pembukuan / Kasir Besar

  1. Menyetorkan Uang Kas Besar ke Bank BRI jika nominal > 8 Juta (atas perintah manager)
  2. Mengambil Uang di Bank jika Kas Besar (atas perintah manager)
  3. Menerima uang dari Kasir depan dan mencocokkan dengan laporan penjualan kasir (tertanda-tangan kasir)
  4. Mengimpor-Jurnal transaksi penjualan kasir hari kemarin, sekaligus mencocokkan jumlah Kas
  5. Merekap Absensi Akhir Bulan dan Membuat Laporan Uang Makan
  6. Mentransaksikan Biaya-biaya dan Pendapatan-pendapatan lain
  7. Mencetak Neraca dan Sekaligus Memastikan Uang di Kas Besar dan Bank valid jumlahnya (tertanda tangan Manager)

Semua bagian ini mengatur bagaimana kita melakukan pembelian, stok gudang, dan pembukuan dalam manajemen swalayan atau minimarket.

Untuk  penerapan komputerisasi Back Office , Anda bisa menggunakan Armadillo Accounting yang bisa memudahkan pengawasan dan pendelegasian di bagian ini. Sedangan system armadillo accounting sendiri bisa Anda dowload disini:

 

DOWNLOAD

DOWNLOAD

Author: alanhepi

full time traveler, part time worker (!)

2 thoughts on “Cara Pembagian Tugas Dan Kewenangan Pada Minimarket Secara Proporsional

  1. Terimakasih, Infonya Lengkap dan detail.
    Ini sangat membantu saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s