Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Inilah Prosedur yang benar mengembalikan barang (Retur) kepada supplier untuk barang rusak dan kadaluarsa

1 Comment

Pada usaha minimarket, terkadang stok opname dilakukan setiap hari. Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol persediaan di gudang maupun stok etalase. Keuntungan melakukan stok opname setiap hari adalah pihak minimarket bisa dengan cepat mengetahui kondisi barang, apakah sudah masuk tanggal kadaluarsa, rusak dan sebagainya. Sehingga pihak minimarket bisa dengan segera mengeluarkan barang-barang tersebut dari etalase.

Dalam pengadaan persediaan, pihak supermarket bekerjasama dengan berbagai distributor. Selain bisa memperoleh barang dengan harga khusus, juga lebih mudah dalam melakukan retur pembelian. Biasanya retur dilakukan pada saat kunjungan sales produk tersebut. Dan bila ada tagihan hutang pembelian yang harus dibayar oleh pihak minimarket, maka sales akan memotong-nya sejumlah retur tersebut.

Seandainya pada saat itu pihak minimarket tidak mempunyai hutang, maka biasanya sales akan membayar retur barang tersebut langsung, atau memotong nilai pembayaran order pembelian berikutnya, tergantung kesepakatan dari kedua pihak.

Lalu bagaimana proses komputerisasi-nya?

Kegiatan retur pembelian pada Armadillo accounting system dilakukan dalam menu “Pembelian” pilih jenis transaksi “Retur Pembelian” dan lakukan transaksi retur. Bila pembayaran retur dilakukan dengan cara memotong tagihan hutang, maka pada saat melakukan pembayaran pilih menu “Potong Hutang”, dan secara otomatis hutang usaha akan berkurang sejumlah retur tersebut. Demikian pula dengan jumlah persediaan.

retur beli

Prosesnya akan sedikit berbeda bila retur yang dilakukan adalah semua item barang pada nota pembelian yang lalu, maka pada saat mengisi data retur pilih menu “retur semua barang dari sebuah transaksi pembelian yang lalu” dan kemudian pilih transaksi pembeliannya dari list yang ada. Maka data detil retur pembelian yang muncul adalah detil pembelian yang lalu.

Salah satu tujuan komputerisasi adalah untuk memudahkan kita dalam mengelola pembukuan aset perusahaan. Sehingga dapat lebih menyingkat waktu, namun tetap dapat menyajikan data keuangan yang lebih akurat dan sistematis dibanding dengan pembukuan secara manual.

Nah tunggu apalagi… sudahkah usaha Anda terkomputerisasi…:)

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

One thought on “Inilah Prosedur yang benar mengembalikan barang (Retur) kepada supplier untuk barang rusak dan kadaluarsa

  1. Terimakasih, Informasi yang sangat lengkap dan bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s