Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Banded (Bundling), satu cara jitu menaikkan omset minimarket (swalayan)

1 Comment

article-1084881-0196294400000578-508_468x334Salah satu trik pengusaha minimarket dalam melakukan penjualan adalah dengan menjual barang dalam kemasan banded. Penjualan cara ini umumnya dibuat untuk barang-barang retail dengan satuan kecil. Shampo dalam satuan sachet misalnya, bagi pihak minimarket tidak mungkin menjual per sachet karena terlalu sedikit nilainya. Sedangkan konsumen juga tidak akan membeli dalam jumlah besar. Karena itu menjual dalam kemasan banded bisa menjadi alternatif dalam mendongkrak penjualan barang dalam kasus seperti ini.

Sebagai konsumen kita sering menemui kemasan banded ini ketika berbelanja di minimarket. Terkadang dalam produk banded ini juga dimaksudkan untuk tujuan promosi produk tertentu (beli 1 bonus 1 misalnya). Namun kali ini saya tidak akan berbicara sebagai konsumen (meski saya juga suka beli produk yang berbonus :)) Tapi saya akan membahas bagaimana pencatatan akuntansinya..

Tidak sulit melakukan pencatatannya, selama minimarket Anda sudah terkomputerisasi. Disini saya menggunakan Armadillo accounting system dalam melakukan pembukuannya.

Membuat kemasan banded artinya merubah satuan produk, mengemasnya dalam satuan yang kita inginkan. Dalam hal ini fitur yang digunakan adalah fitur assembling pada menu persediaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat nama persediaan barang kemasan banded. Setelah itu bisa kita mulai proses assembling barang, yang tersedia pada menu operasional persediaan. Caranya cukup mudah, pertama plih kode barang jadi hasil rakitan dahulu, dan kemudian pilih bahan baku yang akan dirakit, lalu simpan. Secara otomatis, jurnal akan memunculan persediaan bahan baku berkurang (di-kredit) sejumlah barang hasil assembling (di-debet).

assembling minimarket

Dan proses assembling pun selesai dilakukan, persediaan barang dengan kemasan banded pun sudah tersedia dan siap dijual. Anda tinggal memasukkannya dalam daftar persediaan etalase, agar dapat dibaca oleh program kasir anda.

Sebenarnya fitur assembling dalam program Armadillo berfungsi untuk berbagai macam proses produksi. Menjadi tugas user untuk memaksimalkan operasional semua fungsi yang terdapat pada program akuntansi yang sedang digunakan. Dengan begitu anda akan mengetahui apakah program tersebut memang sesuai untuk usaha anda atau tidak..

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

One thought on “Banded (Bundling), satu cara jitu menaikkan omset minimarket (swalayan)

  1. btw infonya keren and berguna. ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s