Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Akuntansi Mengeluarkan Barang Rusak dari daftar barang , mengurangi resiko laporan laba palsu

Leave a comment

Dalam usaha minimarket, cara penyimpanan barang juga menjadi hal yang sangat krusial dalam mengelola gudang. Hal ini untuk menghindari barang rusak dalam penyimpanan yang bisa mengakibatkan pada kerguian. Selain itu juga perlu untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa produk, karena terkadang masalah kadaluarsa bisa menjadi boomerang bagi pengusaha minimarket sendiri.

Meskipun demikian, kerusakan pada barang tidak bisa dihindari. Kalau kerusakan barang dari pihak distributor atau pada saat pengiriman, maka barang bisa diretur kembali. Namun bila kerusakan barang tersebut karena proses penyimpanan, atau kelalaian dari karyawan minimarket sendiri, maka pencatatannya pun akan berbeda. Bagaimanapun juga barang rusak maupun kadaluarsa tersebut harus dikeluarkan dari gudang (persediaan).

Tentu saja hal ini akan mempengaruhi jumlah stock dan juga pada transaksi penjualan yang bisa dilakukan. Karena umumnya, data yang tercatat di komputer menjadi tidak sama dengan kondisi fisik yang ada di gudang. Bisa saja di jumlah persediaan di komputer lebih banyak daripada jumlah fisik karena barang rusak tersebut belum tercatat dalam komputer.

Sekarang kita akan melakukan pencatatannya..
Disini saya menggunakan Armadillo Accounting system untuk mencatatnya. Jika Anda tidak mau melakukan stock opname, maka untuk mengeluarkan barang-barang yang rusak, kita bisa melakukan penyesuaian pada persediaan. Prosesnya, masukkan data manual hasil penghitungan stock fisik yang ada di gudang pada fitur penyesuaian yang ada dalam menu Persediaan.

Dan bila ada persediaan yang tidak sama jumlah fisik yang ada di gudang dengan data komputer, maka Anda bisa melakukan proses penyesuaian persediaan. Berbeda dengan stock opname yang menyesuaikan nilai persediaan secara keseluruhan, disini proses penyesuaian dilakukan per barang. Pilih persediaan yang ingin disesuaikan, kemudian akan muncul detil persediaan yang anda maksudkan. Pada kolom perhitungan manual, isikan jumlah fisik barang yang ada di gudang, maka otomatis akan terlihat nilai selisihnya.

penyesuaian

Setelah itu baru proses penyesuaian dilakukan dengan menekan icon re stock. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih perkiraan biaya yang akan digunakan untuk menampung kerugian tersebut. Dan proses penyesuaian pun selesai. Secara otomatis, barang tersebut sudah dikeluarkan dari persediaan, baik dalam data komputer juga fisik barangnya. Dan nilai barang tersebut akan dibukukan sebagai biaya yang mengurangi pendapatan.

Dengan cara penyimpanan yang benar akan mengurangi kemungkinan barang rusak di gudang, dan kerugian karena barang rusak bisa diminimalisir.

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s