Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Inilah Cara Mengawasi Barang Anda agar tidak di jual RUGI (dibawah HPP) oleh kasir

Leave a comment

kasirPada kebanyakan usaha yang di tangani langsung oleh pemilik, sering kali kontrol untuk harga penjualan, langsung di tentukan oleh pemilik. Jika transaksi yang dilakukan masih sedikit, maka hal ini masih bisa di tangani, akan tetapi jika transaksi yang ditangani sudah banyak, maka pemilik akan kesulitan untuk melakukan kontrol penjualan, barang mana saja yang boleh di jual dibawah harga pokok (dijual rugi).

Kenyataannya di lapangan, seringkali para pengusaha kecolongan oleh sales mereka sendiri. Dimana para sales itu menjual barang dengan menjatuhkan harga, dengan tujuan untuk menutupi target omzet penjualan per bulan. Jika target penjualan mereka tercapai secara otomatis insentif per bulan akan diterimanya.

Pemilik usaha tidak bisa mengontrol hal ini bila pencatatan administrasinya masih manual. Para sales itu bisa membuat laporan penjualan dengan harga jual yang telah ditentukan, dengan setoran hasil penjualan yang sesuai pula. Mereka bisa menutupi kekurangan setoran tersebut dengan menjual barang retur (yang notabene dilarang untuk dijual kembali). Akibatnya harga produk tersebut jatuh/rusak di pasaran. Dan itu akan mempengaruhi kelangsungan usaha yang bersangkutan.

Hal itu bisa dilakukan dengan mudahnya oleh sales, karena pencatatan pembukuan yang masih manual. Data persediaan barang yang dilakukan dengan cara manual sulit sekali melacak kemana perginya barang, terutama barang retur. Dengan pencatatan manual sulit dikontrol apakah barang retur itu kembali ke gudang atau tidak. Selain itu juga dengan pembukuan manual, sulit bagi kita untuk menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan), dan mengontrol penjualan sales itu dibawah HPP atau tidak. Bagi pemilik usaha, yang penting barang yang mereka laku terjual.

Karena itu mengapa komputerisasi sangat penting diterapkan dalam suatu usaha. Dan Armadillo Accounting mempunyai fasilitas untuk mengontrol hal tersebut, dengan mengaktifkan system kontrol pada harga penjualan, maka saat menjalankan system penjualan armadillo seperti biasa, kita bisa mengetahui barang-barang mana yang harga jualnya terlalu murah.

Dengan komputerisasi, kita bisa mengontrol jalannya transaksi penjualan saja tetapi juga arus keluar masuk barang, secara bersamaan. Dalam melakukan system kontrol penjualan terlebih dahulu setting program akuntansi anda dengan setting”beri peringatan jika menjual di bawah HPP”.

Berikut cara kerja system kontrol penjualan ini :

1. Bagian Penjualan melakukan penjualan kepada pembeli dimana harga yang diberikan dibawah harga pokok, sehingga pada form penjualan akan menampilkan peringatan bahwa user harus mengkonfirmasikan dulu karena harga barang dibawah HPP.

konfirmasi hpp

2. Pengambil keputusan mendapat informasi dari bagian penjualan bahwa terdapat konfirmasi. Pengambil keputusan dari komputernya sendiri membuka menu konfirmasi harga, dan program menampilkan form daftar penjualan. Setelah itu pengambil keputusan akan memutuskan memperbolehkan atau tidak menjual dengan harga ini. Jika ya bisa diteruskan, tapi bila tidak maka otomatis harga jual akan kembali seperti semula.

konfirm hrg jual

3. Dan jika sudah diputuskan maka bagian penjualan akan menekan ikon sudah dikonfirmasi, bila diperbolehkan maka proses transaksi bisa dilanjutkan, tapi jika tidak boleh maka kursor akan kembali ke kolom harga jual (dan harga kembali ke harga normal).

Jika terjadi penjualan dengan harga dibawah HPP, maka itu adalah atas seijin pemilik usaha/pengambil keputusan. Disamping itu untuk menghindari penjualan dibawah HPP oleh salesman, mungkin perlu bagi pemilik usaha untuk merubah system pemberian insentif pada sales. System pemberian insentif yang selama ini berdasarkan target omzet penjualan bisa dirubah dengan berdasarkan besarnya nominal penjualan.

lap penj per user

Dengan demikian kontrol penjualan tidak hanya dilakukan pada system pencatatan komputer saja, tetapi dengan aturan penghitungan insentif yang baru, diharapkan salesman akan lebih terpacu untuk berjualan dengan harga normal.

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s