Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Yang Baik di Bisnis Minimarket, Menghasilkan Kinerja Karyawan Meningkat

Leave a comment

teamPertanyaan yang sering timbul dari orang-orang yang ingin mengkomputerisasi usahanya adalah apakah program tersebut bisa berjalan dalam jaringan, dan untuk berapa user. Bisa dipahami mengapa mereka menanyakannya, alasannya karena umumnya system komputer mereka berjalan pada suatu jaringan (LAN). Dan bagi pemilik usaha, mereka ingin agar komputerisasi dapat dijalankan oleh beberapa orang karyawannya.

Dalam memilih software akuntansi, multi user menjadi salah satu kriteria pemilihan. Karena dalam suatu usaha semua saling berhubungan, misal saja antara bagian gudang dengan bagian pembelian, bagian penjualan, kasir dan sebagainya. Dan dengan program Armadillo, semua cash flow pada semua divisi tersebut akan dapat tercatat sebagai satu laporan keuangan perusahaan.

Pada program Armadillo, tidak ada pembatasan jumlah user, meskipun hanya dioperasikan pada satu komputer saja. Biasanya hal ini diterapkan pada bagian kasir dengan sistem shift. Siapa saja bisa mendapatkan akses masuk dan mengoperasikan program ini, dengan pembatasan hak akses tentunya. Pemberian serta pembatasan hak akses ini ditentukan oleh pemilik usaha atau manajer yang berwenang.

Menambah user tidak harus dilakukan diawal komputerisasi, pada saat komputerisasi telah berjalan lama pun bisa dilakukan. Anda tinggal masuk ke menu “user/pasword”. Untuk menambah user untuk bagian administrasi, anda bisa melakukannya dalam modul “tambah user”.

tambah user

Sedangkan untuk menambah user pada kasir, dilakukan pada modul “pasword kasir, sedangkan prosesnya sama saja. Hanya tampilan dan menu hak aksesnya yang berbeda.

tmbh user kasir

Ada kewenangan yang berbeda-beda dari setiap user disesuaikan dengan kapasitas pekerjaannya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan tanggung jawab pada user atas setiap transaksi yang dilakukan. Dengan demikian pemilik usaha masih bisa mengontrol dan menjaga keamanan dalam mencatat keuangan perusahaan, meski dikerjakan oleh banyak orang.

Komputerisasi memungkinkan pendelegasian pencatatan keuangan perusahaan pada beberapa orang, dengan memperkecil resiko terjadi kecurangan dari karyawan anda. Karena user tidak bisa membuka modul-modul yang dimatikan, dan hanya orang yang memiliki kewenangan penuh yang bisa membukanya. Pada akhirnya pekerjaan administrasi bisa dilakukan secara lebih teratur dan efisien dengan hasil yang akurat.

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s