Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Rekonsiliasi Data Keuangan Usaha Dengan Rekening Bank

3 Comments

Menggunakan jasa perbankan dalam melakukan transaksi ataupun untuk menyimpan uang adalah hal yang lazim ditemui dalam keseharian. Bukan saja bagi suatu usaha tetapi juga bagi individu perseorangan.

Bagi pebisnis, memiliki account di bank merupakan hal yang mutlak. Tidak sekedar sebagai tempat menyimpan uang saja, tetapi dalam dunia usaha kita bisa melakukan berbagai transaksi melalui bank. Sebab itu mencatat pembukuan rekening bank yang dimiliki perlu dilakukan, meskipun kita bisa mengandalkan print out transaksi dari Anda.

Akan tetapi jika hanya mengandalkan print out buku tabungan dari pihak bank saja, maka kita masih akan repot dengan system laporan yang terpisah. Artinya dari neraca keuangan saja, kita tidak bisa mengetahui berapa aset yang ada dalam rekening bank,begitu juga sebaliknya. Lalu bagaimana jika mempunyai rekening bank pada lebih dari satu bank ? Akan sangat merepotkan tentunya bila kita ingin mengetahui total kekayaan perusahaan secara keseluruhan. Karena harus melakukan penghitungan secara manual setiap saat.

Dengan tujuan itulah perlunya dilakukan pencatatan rekening bank secara terkomputerisasi. Jika usaha anda sudah terkomputerisasi, maka anda bisa melakukan rekonsiliasi neraca keuangan usaha dengan rekening bank. Tidak masalah meskipun anda memiliki banyak rekening di lebih dari satu bank yang berbeda.

Pada program Armadillo, untuk mencatat transaksi perbankan, telah tersedia menu transaksi kas bank. Namun sebelum anda mencatat transaksi perbankan anda, sebagai langkah awal masukkan data detil bank-bank anda pada menu “daftar bank”. Setelah data bank tersimpan, langkah selanjutnya adalah membuat perkiraan satu persatu nama Bank anda pada menu “daftar perkiraan”.

Nah jika langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya anda tinggal melakukan pencatatan transaksi perbankan sehari-hari. Pencatatannya penarikan, transfer ataupun setoran bank kerjakan pada modul “transaksi bank” pada menu “transaksi kas bank”

TRANSAKSI BANK2

Namun hal penting yang tidak boleh dilupakan, pada kurun tertentu kita harus menyamakan jumlah tabungan di bank dengan yang tercatat di dalam komputer, proses ini dinamakan rekonsiliasi. Di dalam Armadillo Accounting ada sebuah modul untuk membantu proses itu, yaitu modul “rekonsiliasi perkiraan” pada menu jurnal.

REKONSILIASI

Setelah anda masuk pada menu rekonsiliasi dan memilih nama perkiraan, maka akan muncul daftar transaksi yang menggunakan perkiraan bank tersebut (pada periode yang telah anda tentukan). Lakukan validasi pada daftar transaksi yang sama dengan rekening koran bank. Secara otomatis transaksi yang telah valid akan hilang dari daftar.

Sekarang laporan neraca anda tidak hanya menyajikan posisi keuangan dalam perusahaan saja tetapi juga sekaligus dana perusahaan yang tersimpan di bank. Dengan rekonsiliasi, maka anda bisa memastikan kebenaran data yang tercatat pada komputer anda dengan data bank.

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

3 thoughts on “Rekonsiliasi Data Keuangan Usaha Dengan Rekening Bank

  1. Saya ingin belajar accounting mini market, tp gmndimna yaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s