Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Monitoring barang di banyak gudang

Leave a comment

Banyak usaha yang menggunakan lebih dari satu gudang dalam menyimpan persediaannya. Dalam usaha minimarket salah satunya. Karena umumnya dalam operasional minimarket, menyimpan bahan makanan harus dipisahkan dengan persediaan lainnya, yang artinya ada lebih dari satu gudang yang digunakan dalam sebuah minimarket.

Dalam proses komputerisasi akuntansinya, anda bisa memanfaatkan fitur multi gudang untuk mencatat proses penyimpanan di banyak gudang ini. Tentu saja untuk menjalankan fungsi multi gudang ini terlebih dahulu kita harus mempunyai lebih dari satu database sesuai dengan jumlah gudang yang dimiliki. Dengan catatan nomor dan nama perkiraannya harus sama.

Berikut langkah-langkah dalam mengaktifkan multi gudang, setelah anda telah sejumlah database :

1. Aktifkan fungsi multi gudang pada menu setting aplikasi.

seting aplikasi

2. Kemudian buat nama pelanggan dan pemasok dengan nama gudang-gudang yang anda miliki pada menu daftar pelanggan/pemasok. Untuk lebih memudahkan sesuaikan saja namanya dengan nama database lain yang anda miliki.

3. Dalam hal ini kita menggunakan fitur multi gudang pada menu pembelian dan penjualan sekaligus.

Dimana Gudang Utama melakukan transfer dengan HPP karena tidak ada keuntungan yang diambil saat kita melakukan transfer transaksi itu. Proses transfer ini dilakukan dalam menu penjualan. Prosesnya seperti kita melakukan transaksi penjualan seperti biasanya dengan nama pelanggan adalah nama gudang tujuan transfer, dan jangan lupa untuk mengaktifkan fungsi multi gudang yang ada pada menu penjualan.

Setelah data transaksi tersimpan dalam memory komputer, maka akan muncul konfirmasi “transfer ke database lain?” Pilih ikon “yes” untuk proses ini, dan program akan menampilkan daftar lokasi database, pilih file database tujuan transfer dan lakukan transfer transaksi.

multi gdg penjualan

4. Setelah barang dikirim dari gudang utama ke gudang pembantu, selanjutnya gudang pembantu mencatat penerimaan barang tersebut. Gunakan modul pembelian untuk mencatat penerimaan tersebut. Aktifkan fungsi “ambil data transfer” yang secara otomatis akan memunculkan menu daftar penjualan, pilih transaksi penjualan tadi.

Jika lancar maka akan muncul pesan “data barang lengkap, siap untuk proses transfer”, selanjutnya proses akan kembali ke form pembelian. Isikan nama pemasok dengan nama gudang asal, sedangkan detil transaksi pembelian telah terisi, dan lakukan proses pembelian seperti biasa.

multi gdg pembelian

Dengan demikian jumlah persediaan barang pada gudang asal telah berkurang sejumlah pertambahan persediaan pada gudang tujuan. Biasanya gudang tujuan transfer merupakan gudang utama (database utama) yang digunakan dalam proses penjualan ataupun untuk transfer ke etalase.

Komputerisasi akan membuat resiko kehilangan barang persediaan pada saat melakukan proses transfer antar gudang/unit akan diperkecil. Sekaligus lebih memudahkan dalam melakukan pencatatan dan pengecekannya (terlebih bila jumlah item barang yang sangat beragam dan banyak).

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s