Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Mengatasi kesalahan dengan adjusment atau koreksi..

Leave a comment

Tidak bisa dipungkiri, dalam proses komputerisasi sehari-hari kadang-kadang bisa saja terjadi kesalahan. Yang perlu diingat adalah jangan buru-buru menghakimi bahwa kesalahan karena faktor user, tapi jangan langsung memutuskan juga karena programnya yang error.

Saat terjadi kesalahan sebaiknya dilihat dulu bentuk kesalahannya, dari situ kemudian kita bisa mencari tahu apa penyebab terjadinya kesalahan itu dan bagaimana memperbaikinya.

Ada dua macam bentuk kesalahan yang biasanya terjadi dalam operasional usaha anda. Ada kesalahan yang disebabkan oleh user (faktor human error), disamping kesalahan yang terjadi karena prosedur pembelian atau penjualan. MIsalnya saja karena ketidaksesuaian antara order dengan transaksi pembelian/penjualan.

Berikut akan saya bahas satu persatu..

Saat kita melakukan kesalahan dalam mencatat transaksi, maka ada dua langkah yang harus dikerjakan untuk mengatasinya, yaitu :

1. Mengembalikan transaksi yang salah dengan mengulangi transaksi yang sama dengan angka minus.
2. Setelah itu buat transaksi baru lagi dengan nilai yang benar. Kemudian lihat jurnalnya untuk memastikan bahwa transaksi yang baru anda buat telah benar.

Cara diatas dilakukan bila kesalahan yang terjadi memang karena kesalahan user dalam pencatatan di komputer. Selanjutnya untuk membedakan antara kesalahan yang terjadi karena pencatatan di komputer (Correction) dengan kesalahan yang terjadi karena prosedur pembelian/penjualan, maka terdapat penyesuaian pembelian/penjualan (adjustment).

Penyesuaian ini digunakan jika kita harus menambah atau mengurangi jumlah barang dalam proses pembelian/penjualan sebelumnya. Proses yang terjadi tanpa membuat transaksi minus terlebih dahulu (koreksi), akan tetapi langsung membuat transaksi baru hanya saja dengan pilihan tipe transaksi “Penyesuaian”.

PENYESUAIAN

Tujuan dari komputerisasi adalah meringankan pekerjaan administrasi akuntansi usaha anda, namun bisa memberikan hasil yang benar-benar bisa dipercaya. Maka proses memperbaiki kesalahan pun juga dirancang mudah dikerjakan dalam waktu singkat, supaya kesalahan yang terjadi tidak menghambat proses pencatatan transaksi yang lain.

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s