Akuntansi, Komputerisasi dan Managemen Minimarket

Tips Trik Komputerisasi dan Managemen yang baik di bisnis Swalayan (Minimarket)

Mengapa minimarket perlu komputerisasi

Leave a comment

Adakalanya anda melakukan pembelian barang berdasarkan pesanan terlebih dahulu. Dalam hal ini anda cukup hanya melakukan pesanan barang via telepon, dan melakukan pembayaran via transfer bank ataupun secara cash begitu barang datang di tempat anda.Jika perusahaan anda dalam skala yang lumayan besar, pastinya anda akan lebih sering melakukan pembelian dengan cara seperti ini.

Begitu pula dengan penjualan. Bagi beberapa pelanggan yang selalu melakukan pembelian di toko anda dalam jumlah besar, umumnya mereka akan melakukan hal yang sama dengan anda, yaitu melakukan pemesanan.

Namun terkadang anda tidak punya kontrol kapan barang pesanan tersebut akan datang, pesanan hari apa dan darimana. Jika barang persediaan anda tergolong multi produk, seperti minimarket maka hal ini kadang terasa menyulitkan dalam pencatatan pembukuannya. Bagi minimarket kemungkinan setiap hari anda akan memperoleh kiriman pesanan barang. Dan terkadang anda bertanya kapan barang pesanan ini seharusnya diterima oleh anda. Perlu waktu untuk melacaknya jika anda masih melakukan pembukuan manual.

Namun akan berbeda ceritanya jika usaha minimarket anda sudah terkomputerisasi secara integrated. Maksudnya adalah menggunakan system komputer akuntansi yang terintegrasi antara kasir, gudang, etalase dan laporan keuangan, karena setiap transaksi yang dilakukan baik itu di kasir ataupun gudang, secara otomatis akan diperoleh jurnalnya pada saat itu juga.

Mencatat order pembelian sama saja dengan pencatatan pembelian secara kas. Pada program komputer, anda hanya perlu masuk ke menu pembelian. Sebelum melakukan transaksi pilih menu order pembelian, pilih pemasok dan setelah itu lakukan transaksi seperti biasa. Secara otomatis program akan memunculkan peringatan bahwa ada barang yang mestinya diterima hari ini. Demikian juga dengan pesanan penjualan. Pencatatannya hampir sama, hanya berbeda pada menu penjualan saja. Langkah yang harus dilakukan pun sama. Sehingga anda akan diingatkan bahwa hari itu ada pesanan yang harus dikirim. Jangan sampai pelanggan yang mengingatkan anda bahwa hari itu pesanan mereka seharusnya dikirim. Dengan demikian, pelanggan akan merasa sangat diperhatikan oleh toko anda.

Pada akhirnya tampak jelas bahwa komputerisasi sangat mempermudah usaha anda. Walaupun pelaksanaan awalnya akan terasa berat dan ribet, namun dalam perjalanannya anda akan sangat terbantu dengan komputerisasi.

Author: Radian Blogging Team

Konsultan Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s